Sabtu, 10 November 2012

abstrak ptk

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUNGKAPKAN MONOLOG ‘PROCEDURE’ MELALUI METODE DEMONSTRASI PESERTA DIDIK KELAS VIIF SMP NEGERI 2 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2012-2013 Oleh: Rinda wulandari,S.Pd Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini merupakan suatu upaya untuk meningkatkan keterampilan mengungkapkan monolog procedure mengenai origami bagi siswa kelas VIIF di SMP Negeri 2 Surabaya. Pelaksanaan (PTK) ini menggunakan tiga siklus dengan metode Demonstrasi yang melalui empat tahapan yaitu, Teks Gambar, Analisis Gambar, Uji Coba dan Latihan pada bahasan monolog ‘procedure’ (Diskripsi Origami) yang terdiri dari sub topik: (1) gambar teks dengan memperkenalkan kosa kata baru (2) gambar-gambar origami dengan tahapan pembuatan(3) melaksanakan penilaian individu lanjutan . Agar pembelajaran bermakna dan menarik bagi siswa, maka pembahasan dikemas dengan mendemonstrasikan gambar ke dalam bentuk origami dengan kriteria penilaian meliputi permahaman kosa kata, pengucapan, kelancaran dan ketepatan menggunakan struktur kalimat. Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan angket siswa secara kualitatif dan secara kuantitaif diperoleh dari dokumen penilaian proses pembelajaran dan secara individu menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Demonstrasi, dapat meningkatkan keterampilan siswa mengungkapkan monolog procedure terdapat peningkatan sebagai berikut: (1) meningkatnya keterampilan siswa mengungkapkan monolog procedure tentang origami, (2) meningkatnya kemampuan siswa didalam mengungkapkan monolog bahasa Inggris menggunakan struktur kalimat yang tepat, (3) meningkatnya keberanian siswa dalam mengungkapkan monolog procedure tentang origami. Kata-kata kunci : Keterampilan Mengungkapkan,Monolog ‘Procedure ‘, Metode Demonstrasi Abstract: Classroom Action Research (PTK) is an attempt to improve the skills of the monologue about origami procedure for VIIF grader at SMP Negeri 2 Surabaya. Implementation (PTK) using three cycle of demonstration method through four stages, namely, Text Image, Image Analysis, Testing and Exercises on topics monologue ‘procedure’ (Description origami) consisting of sub topics: (1) the text image by introducing new vocabulary (2) image with the stage of making origami (3) carry out individually assessments continued: To be meaningful and engaging learning for the students, then the discussion is packed with images demonstrate into origami shapes with comprehension criteria include vocabulary, pronounciation, fluency and accuracy using sentence structure. The result of the analysis of data obtained from observation and student questionnaire qualitative and quantitation assessment of the documents obtained from the individual learning process and demonstrate that by using the method of demonstration, to improve the skills of students from the monologue of procedure are increased as follows: (1) increase students’ skill reveal monologue procedure about origami, (2) increasing the ability of students in English monologue using proper sentence structure, (3) increasing students’ courage in revealing monologue about origami procedure. Key Word: Skill Reveal, Monologue ‘Procedure’, Method Demonstration.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar