Minggu, 06 Januari 2013

rpp origami

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Surabaya Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kelas / Semester : VII / II (dua) Aspek/ Skill : Mendengar Alokasi Waktu : 2 x 40 menit Standar Kompetensi : 8. Mendengarkan Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat. Kompetensi Dasar : 8.2. Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan sangat sederhana berbentuk procedure secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat. Indikator 1. Merespon makna dalam teks procedure 2. Menentukan fungsi komunikatif teks yang didengar 3. Menentukan ciri kebahasaan dari teks procedure yang didengar. 1. Tujuan pembelajaran 1. Siswa mampu menirukan cara membuat origami berdasarkan teks yang dia dengar 2. Siswa mampu mengurutkan langkah-langkah dalam suatu teks procedure dengan benar 3. Siswa mampu mengisi bagian yang rumpang dari teks procedure yang dibacakan oleh guru 4. Siswa mampu. menentukan fungsi komunikatif dari teks procedure yang didengar 5. Siswa mampu menentukan ciri kebahasaan dari teks procedure yang didengar 2. Materi Pembelajaran ( terlampir pada Student Learning sheet ) 3. Metode/ Tehnik : Three phase technic 4. Langkah- langkah Kegiatan. a. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit ) - Presensi - Apersepsi b. Kegiatan Inti ( 50 menit ) 1 Pre Listening (10 menit ) - Siswa ditanya tentang apakah mereka pernah dengar istilah origami - Siswa ditanya tentang pengertian origami - Siswa ditanya tentang apakah mereka pernah membuat origami 2. Whilst Listening ( 30 menit ) - Siswa mendengarkan teks procedure tentang origami sambil menirukan cara membuat paper butterfly - Bersama dengan guru siswa mendiskusikan tentang cara membuat paper butterfly tersebut - Siswa mengurutkan langkah-langkah teks procedure setelah diberi teks yang tidak urut - Bersama guru siswa mendiskusikan urutan teks procedure yang benar - Siswa mengisi bagian rumpang dalam teks procedure dengan mendengarkan teks dari guru - Bersama dengan guru siswa mendiskusikan isi dari bagian yang rumpang tersebut 3. Post Listening ( 10 menit ) - Bersama guru siswa mendiskusikan fungsi komunikatif dan ciri kebahasaan dari teks procedure c. Kegiatan Penutup ( 20 menit ) - Menanyakan kesulitan siswa selama PBM - Menyimpulkan materi - Menugaskan siswa untuk membuat teks procedure berdasarkan tema yang diberikan oleh guru 5. Sumber Belajar : - Teks Procedure tentang origami dari internet - Gambar-gambar yang relevan - Rekaman teks procedure 6. Penilaian a. Tehnik : Tes Tulis, Unjuk kerja b. Bentuk : Instruksi/ pencil and paper test c. Instrument. I. Your teacher will give you instruction to make origami by cassette. Listen carefuly and do the instruction. II Arrange the steps to make origami into the right order III Complete the missing words with the suitable words from the box by listening to the teacher IV Make a procedure text based on the topic below d. Kunci Jawaban II III. 1. chop 2. beat 3. add 4. remove 5. clean 6. mix 7. use 8. break 9. stir 10. serve e. Pedoman Penilaian 1. Untuk no. I : Merespon dan melaksanakan perintah = 25 - 100 2. Untuk no II : Menyusun langkah-langkah membuat origami = 25 - 100 3. Untuk no III Melengkapi paragraph dengan kata-kata yang tepat = 0 - 100 4. Untuk soal no IV Membuat teks procedure = 25 - 100 5 Nilai Siswa = Skor Perolehan x 10 Skor Maksimal f. Rubrik Penilaian NO URAIAN SKOR I Kemampuan merespon - merespon dan melakukan perintah dengan benar - merespon dan melakukan perintah dengan ragu-ragu - merespon dan melakukan perintah tetapi salah 85-100 60-84 25-59 II - mampu mengurutkan dengan tepat langkah2 pembuatan origami - kurang mampu mengurutkan langkah2 pembuatan origami - tidak mampu mengurutkan langkah2 pembuatan origami 85-100 60-84 25-59 III Melengkapi dengan benar nilainya 10, bila salah nilainya 0 0 – 100 IV - Benar langkah-langkah dan pemilihan kata serta bentuk kata kerja benar - Benar dua aspek - Benar satu aspek 85 – 100 60 – 84 25 - 59

Tidak ada komentar:

Posting Komentar